Jumat, 08 Januari 2010

"ambil air, sekarang so dekat!"


anda pernah liat iklan dengan kalimat berikut ini di TV:

"ambil air, sekarang so dekat!
beta sonde pernah terlambat lagi.
lebih mudah bantu mama ambil air untuk mandi adik .
karena mudah ambil air katong bisa hidup sehat .
kalau seandainya air macet, kita mencekkan setiap hari.
Mengurus air, pompa, dan dibentuk panitia spuluh orang."


juga kalau beli aqua kemasan apapun, ada tulisan seperti ini:
1 L A*** = 10 L air bersih

Kalimat di atas adalah tagline untuk iklan Corporate Social Responsibility (CSR) A***. Programnya sendiri dinamakan Satu untuk Sepuluh, bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menjadi mitranya untuk membantu menyediakan fasilitas air bersih. Tidak terbatas pada air bersih, program ini juga melakukan pemberdayaan masyarakat, LSM dan otoritas lokal.

"tapi apa benar image dari iklan CSR tsb (memecahkan solusi krisis air), betul-betul sepadan dengan manfaat yang diberikan (memecahkan solusi krisis air) dan kekayaan alam (baca:sumber air) yang mereka ambil?" kata salah seorang pegiat lembaga kajian yang konsen di bidang ini.
"program itu cuma berjalan di satu dua desa." lanjut dia, "mungkin itu CSR yang ditumpangi kepentingan marketing".

yang pasti kerusakan yang ditimbulkan, efeknya sudah mulai dirasakan warga sekitar lawu, klaten, tak tahu lah yang lain mungkin lebih hebat lagi efeknya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar