Minggu, 10 April 2011

Silsilah Keluarga... (Catatan Kesunyian: 3)

Barusan temanku ribut, ia diminta unutuk bikin proposal keluarganya yang seabrek (Se-Indonesia Raya) katanya... haha Tapi berbicara tentang keluarga, apalagi keluarga besar, memang penting untuk sering-sering berkumpul. Bukan hanya untuk sekedar arisan keluarga, tapi lebih untuk selalu mengingatkan bahwa aku-kamu-kita-dia-mereka ini, ternyata satu keluarga. Ya minimal, kalau diurutkan ke atas terus sampai kepada 'Mbah' Nabi Adam.
Disamping pertemuan tadi, penting juga untuk mencatat silsilah atau urutan keluarga keluarga. Semisal saya sendiri (baru hapal sampai kakek ke-3); M. Ajie Najmuddin bin Imam Shodiq bin Solihin bin Mas'ud bin Ali bin ???, Dari sini saya berpikir, kalau saya saja cuma bisa hapal sampai segitu, bagaimana nanti dengan anak dan cucu saya? :)
Bisa jadi, kalau tidak pernah dibudayakan menulis silsilah keluarga ini, nantinya mereka cuma hapal sampai kakek mereka (ayah saya). atau bahkan cucu saya, lupa dengan nama saya. waduhhh... bukan apa-apa, saya juga ingin nama saya disebut dalam doa-doa mereka.
Dan konon, bagi siapa yang menyebut (bertawasul) kepada 7 nama kakeknya, dalam setiap doanya, insyallah akan dikabulkan doa tersebut oleh Allah. Akan lebih baik lagi, kalau bisa menyebut sampai Nabi Adam, hehe..
...
Bagaimana dengan anda? apakah sudah memiliki catatan silsilah keluarga anda?
Kaplingan, 10//4/11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar