Rabu, 13 April 2011

Oleh-oleh dari Banjarmasin... (1)

SELAMAT DATANG DI BUMI LAMBUNG MANGKURAT
turun di bandara Syamsudin Noor
8 Maret 2011. Untuk pertama kalinya aku menginjakkan kakiku di tanah Borneo, tepatnya di Banjarbaru (Kalsel). Tanpa mengesampingkan tujuan awalku ke sini (ikut kongres PMII), traveling menjadi menu wajib. Sejak awal memang sudah kusiapkan dengan menyusun list beberapa tempat yang akan aku kunjungi.
Kota Martapura masuk dalam daftar awal, karena selain dekat dengan tempat kongres daerah tersebut juga 'kaya' akan tempat wisata. Menyusul Banjarmasin, Pasar Terapung, dan apa lagi ya??? dah lanjut dulu...
...
Di hari ketiga, (menjelang shalat jum'at) dengan modal motor yang kami (aku dan umar) pinjam dari salah seorang anggota Banser, kami memulai perjalanan...
Tempat yang pertama kali kudatangi, tak lain yakni Kota Martapura. Sebuah potret kota santri nan kaya akan hasil alamnya. Disana-sini dijumpai tulisan Arab, di gapura selamat datang, di papan depan kantor-kantor, bahkan di masjid juga tak luput.. hehe. Ada nuansa kental 'islami' di kota ini, membuatku mafhum dengan julukan Serambi Mekkah.
Selesai jum'atan di Masjid Karomah, masjid terbesar di Martapura, kami mampir ke pasar yang terletak tak jauh dari masjid. Umar memborong batu (akik) yang mudah dan murah didapat. "Lumayan, daripada tidak bisa membeli intan, masih bisa dapat batu kecubung". ujarnya. Aku hanya melongo mendengar penjelasan dari penjual batu, sambil pura-pura menerawang warna batu.
baju sasirangan

Sambil lanjut kembali ke masjid untuk mengambil motor, kami mendapati toko pakaian 'sasirangan', baju khas dari Banjar. Modelnya hampir mirip dengan batik, namun warna kuning-hijau-biru yang mendominasinya membuat sasirangan lebih nge-jreng lebih mirip pakaian dari Hawaai. Harga satu bajun rata-rata di atas Rp. 100.000, sedangkan untuk kain mulai Rp. 80.000 ke atas, tergantung motif dan kainnya. Dengan saku pas-pasan, kami hanya bisa berlalu meninggalkan penjual yang kelihatannya juga tak terlalu antusias menawarkan dagangannya.
Tujuan perjalanan kami selanjutnya adalah ke Astambul... (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar