Sabtu, 12 Juni 2010

Psikoanalisis

Psikoanalisis yang dipopulerkan oleh Sigmund Freud, adalah suatu cara bagaimana seorang terapis berusaha membongkar pengalaman traumatik masa lalu pasiennya yang mengendap dalam alam bawah sadarnya. Psikoanalisis bisa berguna untuk menyelidiki dinamika psikologis dan membongkar keinginan-keinginan terdalam individu.

Misalnya, seorang cewek yang sudah memiliki logika biologis dan libido bisa dilihat dari ketertarikannya pada seorang cowok. Mungkin ia bisa menyembunyikan perasaannya itu dalam suatu situasi dan budaya yang tidak memungkinkan seorang cewek mengatakan cinta lebih dulu pada cowok. Kesadaran seksualnya mungkin hanya ia pahami sejauh ia membayangkan gambaran romantisasi yang terpancar (secara tidak sadar) dari keinginan terdalamnya, yaitu ketertarika seksual (antarlawan jenis). Atau mungkin dia sadar dan tahu bahwa dia menginginkan cowok pujaannya.

Tapi, dalam budaya dan sistem kepercayaan yang tidak memungkinkan terjadinya aktivitas pemenuhan tersebut dalam realitas, tentu saja ia harus meyembunyikan keinginan itu untuk dirinya sendiri (mungkin hanya bisa dibuka untuk orang yang paling dipercaya). Kegagalan keinginan dan kemunafikannya yang tidak semata-mata gagal tidak butuh pengorbanan berupa munculnya tindakan-tindakan sebagai mekanisme pengalihan (metode sublimasi) atau berupa perubahan karakter psikologis yang ada pada dirinya.

Ia stress dan frustasi, sehingga muncullah mekanisme pengalihan dari kegagalan keinginan yang disembunyikan itu pada dirinya. Mekanisme pengalihannya macam-macam, bahkan tak terdefinisikan. Bagi seorang cewek yang hanya menyimpan dan lemah, mungkin ia hanya bisa menangis memendam keinginan-menangis adalah metode penurunan ketegangan dan emosi. Bagi cewek jenis lain, mungkin mekanisme pengalihannya berupa kegiatan ngelantur, berteriak sesukanya, dan dia tidak menyadari bahwa ucapanya itu adalah ucapan yang tidak diinginkan pada saat ia sadar.

Kasus yang sama juga bisa terjadi di kalangan cowok. Akan tetapi, cowok biasanya lebih terbuka daripada cewek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar