Minggu, 13 Juni 2010

Pameran Buku: Kampanye Minat Membaca atau ....???

Gelaran pameran buku (10-15 Juni) yang bertajuk 'Solo Book Expo 2010' bukanlah hal baru di Kota Solo. Tercatat, meskipun sudah ratusan kali acara semacam ini diselenggarakan, namun minat masyarakat untuk berkunjung tak pernah surut. Lewat pameran buku tersebut, diharapkan akan meningkatkan tingkat literasi dalam masyarakat.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa, tingkat literasi (melek huruf) dengan harapan hidup masyarakat. Ternyata ada korelasi yang positif antara keduanya, artinya semakin tinggi tingkat literasi sebuah masyarakat semakin tinggi pula harapan hidupnya.

Literasi sendiri secara sederhana diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat, literasi mempunyai arti kemampuan memperoleh informasi dan menggunakannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

(Sebagai catatan, peringkat literasi negara-negara lain di dunia, Indonesia berada pada urutan ke-95 dari 176 negara, dibawah Malaysia, Vietnam, Singapura dan Filipina).

Untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah meningkatkan minat bacanya. Masyarakat dengan minat baca yang rendah tentu tingkat literasinya juga rendah. Tetapi jangan salah, minat baca belum tentu dipengaruhi oleh keadaan ekonomi, orang kaya belum tentu mempunyai minat baca yang tinggi. Minat baca lebih dipengaruhi oleh persepsi masyarakat terhadap informasi. Apakah menilai informasi berguna bagi kelangsungan hidup dan masa depan atau tidak?

***

Kembali ke acara 'Solo Book Expo 2010'. Menurutku acara pameran kali ini, masih kurang meriah dibandingkan pada acara serupa yang pernah diadakan sebelumnya. Terlihat dari banyak stand yang kosong dan juga jumlah pengunjung yang tak terlalu padat. (mungkin karena aku datang di malam hari, bertepatan dengan jadwal nonton Piala Dunia).

Buku yang dijual pun seperti biasa, dipenuhi buku2 'populer'; yang 'renyah' dibaca. Pun, dengan novel-novel 'islami' yang semakin 'mewabah' dengan tema cinta-cinta an. Kecewa pokoe...

Tapi pada akhirnya, 'lumayanlah' dengan sering diselenggarakannya pameran buku ini (cz di daerahku jarang sekali ada acara serupa) juga karena buku yang dijual pun murah2, berkisar antara Rp.5000-Rp.20.000... Tertarik? Silahkan datang, tapi bersiaplah untuk kecewa,,, haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar