Selasa, 25 Mei 2010

16-04-2010

Tepat mulai tanggal itu, KTP-ku yang lama sudah tidak berlaku lagi, dan sebagai warga negara yang baik aku harus mengurus untuk memperpanjangnya. Terhitung 5 tahun berlaku dari tahun 2005, sewaktu aku baru saja lulus dari SMA, sampai tahun ini masa berlakunya telah habis.

Ini juga berarti usiaku telah bertambah 5 tahun menjadi 23=(18+5), sori gak undang makan2 hehe gak penting banget...

Yang masih kuingat, dari pembuatan KTP-ku pertama kali, waktu itu aku menitipkan urusan syarat-syarat administrasi kepada tetanggaku yang bekerja di Kantor Kecamatan Kedungwuni (sekarang bernama Kec. Kedungwuni Timur), lalu beberapa hari kemudian dia mengkonfirmasi bahwa persayaratan pembuatannya tinggal satu, yaitu pas foto dan tanda tangan, yang tidak boleh diwakilkan (hemm jadi gak bisa diganti fotonya Tom Cruise y hehe), untuk sesi pemotretan yang sudah menggunakan kamdig, ditarik uang sebesar 10 ribu kalo gak salah. Selesai semua, KTP belum bisa langsung diambil, tapi masih menunggu satu atau dua hari berikutnya.

***

tahun 2005 berlalu dengan cepat, dan tibalah saatnya untuk kembali memperpanjang KTP. Kali ini aku sengaja pulang dari Solo jauh hari sebelum mepet hari H, sekalian untuk mengurus perpanjangan kartu SIM yang juga sudah mau habis. Dan untuk mengurus segala syarat administrasi aku urus sendiri (udah gede nih ceritanya B-)). Prosesnya ternyata lumayan rumit, dari pembuatan surat pengantar dari pak RT (gak bayar cz pak RT nya baik), kemudian mesti mendapat stempel dari kantor kelurahan (bayar 3 ribu kalo ndak salah), dan berakhir di kantor kecamatan (prosesnya hampir sama dengan yang dulu, bayarnya 10 ribu).

Besoknya kartu sudah jadi, langsung kuambil (sip potone mantep daripada yang lama ^_^). Selesai sudah dan dengan begitu aku sudah melaksanakan kewajibanku sebagai warga negara. wasalam

NB: Bagaimana proses pembuatan atau perpanjangan KTP di daerah lain? kabarnya dipersulit dari mulai proses pembuatan dan kadang ditarik pungli segala (di Solo ada yang sampai Rp. 50 ribu)?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar