Senin, 10 Januari 2011

Me­nu­ju Uni­ver­si­tas Kelas Du­nia

Oleh: M Ajie Najmuddin*

Iro­nis me­mang, sa­at sa­ya mem­ba­ca be­ri­ta ten­tang la­por­an ke­uang­an UNS yang di­ni­lai ter­ba­ik. La­por­an ke­uang­an Uni­ver­si­tas Se­be­las Ma­ret (UNS) So­lo 2009 men­da­pat­kan opi­ni wa­jar tan­pa pe­nge­cua­li­an (WTP). Opi­ni ter­se­but me­ru­pa­kan per­nya­ta­an pro­fe­sio­nal pe­me­rik­sa atas pe­me­rik­sa­an la­por­an ke­uang­an (SO­LO­POS, 5/1).

Se­men­ta­ra, pa­da ha­ri yang sa­ma ju­ga mun­cul pem­be­ri­ta­an ten­tang ak­si ma­ha­sis­wa Fa­kul­tas Sas­tra dan Se­ni Ru­pa (FSSR) UNS So­lo yang ter­ga­bung da­lam Sa­se­ru Ber­sa­tu (Sa­tu) me­nun­tut trans­pa­ran­si Iur­an Orang­tua Ma­ha­sis­wa (IOM), di fa­kul­tas se­tem­pat.

Sa­ya ti­dak akan me­nya­lah­kan be­ri­ta ka­re­na ke­dua­nya ada­lah fak­ta. Fak­ta yang sa­ling mem­per­ka­ya per­sep­si sa­tu sa­ma lain. Da­lam kon­teks ini, di sa­tu si­si, ia mem­per­li­hat­kan se­buah ke­ber­ha­sil­an ki­ner­ja pe­nge­lo­la­an ke­uang­an se­buah lem­ba­ga per­gu­ru­an ting­gi. Se­dang­kan fak­ta lain mem­per­li­hat­kan be­be­ra­pa ana­sir ke­bob­rok­an di da­lam­nya.

Hal ini men­ja­di kri­tik ba­gi UNS se­ba­gai uni­ver­si­tas yang se­dang me­nu­ju ke­pa­da pre­di­kat world class uni­ver­si­ty yang da­lam sa­lah sa­tu kri­te­ria­nya men­sya­rat­kan ang­gar­an ri­set yang cu­kup ting­gi, mi­ni­mal US$1300/ang­go­ta staf/ta­hun. Ini jum­lah da­na yang ti­dak ke­cil dan bu­tuh pe­nge­lo­la­an yang ba­ik pu­la. Ini ju­ga bu­kan ber­ar­ti sa­ya me­nga­mi­ni prak­tik li­be­ra­li­sa­si uni­ver­si­tas me­la­lui kon­sep ba­dan la­yan­an umum (BLU).

Ka­lau per­ma­sa­lah­an se­per­ti IOM saja belum se­le­sai, ba­gai­ma­na nan­ti me­nge­lo­la da­na yang le­bih be­sar se­per­ti ang­gar­an pe­ne­li­ti­an?

Pa­da da­sar­nya se­mua uni­ver­si­tas, ti­dak ha­nya UNS, ka­lau po­si­si­nya sa­ma se­per­ti pe­me­rin­tah­an da­lam ne­ga­ra. Mak­sud­nya da­lam kon­teks ci­vi­tas uni­ver­si­tas, pi­hak yang ber­we­nang se­ba­gai pe­nge­lo­la atau pe­me­rin­tah ada­lah rek­to­rat. Se­dang­kan ma­ha­sis­wa bi­sa ki­ta iba­rat­kan se­ba­gai rak­yat. Pem­bia­ya­an da­na kam­pus pun, se­ba­gi­an be­sar di­pe­ro­leh da­ri “sum­bang­an” ma­ha­sis­wa, ba­ik me­la­lui da­na IOM, SPP dan lain-lain.

Yang men­ja­di per­ta­nya­an ke­mu­di­an ada­lah ba­gai­ma­na ben­tuk per­tang­gung­ja­wab­an da­na da­ri ma­ha­sis­wa ini oleh rek­to­rat/de­ka­nat? Apa­kah su­dah se­suai de­ngan asas-asas peng­ang­gar­an? Ka­lau sa­ya meng­acu pa­da good go­ver­nan­ce, da­lam hal ini, ki­ner­ja bi­ro­krat uni­ver­si­tas yang ba­ik ha­rus me­me­nuhi ti­ga asas pen­ting, yak­ni ke­pen­ting­an umum, ke­ter­bu­ka­an dan asas akun­ta­bi­li­tas.

Ti­ga asas ini men­ja­di pi­lar pen­ting un­tuk mem­ben­tuk se­buah pe­nye­leng­ga­ra­an bi­ro­krat yang ber­sih dan be­bas da­ri KKN. Da­lam ba­ha­sa yang le­bih se­der­ha­na, ba­gai­ma­na se­ha­rus­nya peng­ang­gar­an yang ba­ik di da­lam tu­buh PT?

Pro­ma­ha­sis­wa

Apa­bi­la ki­ta me­li­hat fak­ta ren­dah­nya trans­pa­ran­si pe­nge­lo­la­an ang­gar­an, ki­ta bi­sa se­di­kit me­nyim­pul­kan bah­wa ke­ti­ga asas ta­di bi­sa ja­di be­lum di­lak­sa­na­kan de­ngan ba­ik oleh PT.

Da­lam hal ini ada mi­ni­mal ti­ga poin pen­ting yang se­ge­ra di­be­na­hi da­lam rang­ka op­ti­ma­li­sa­si fung­si kon­trol ci­vi­tas kam­pus ter­ha­dap ke­bi­jak­an yang di­ke­luar­kan rek­to­rat/de­ka­nat. Per­ta­ma, me­ka­nis­me ini bi­sa di­wu­jud­kan da­lam ben­tuk ke­ter­li­bat­an ma­ha­sis­wa un­tuk ber­par­ti­si­pa­si da­lam pro­ses pe­nge­lo­la­an ang­gar­an, mi­ni­mal da­lam ta­hap pe­ren­ca­na­an ada se­ma­cam pro­ses pu­blic he­a­ring.

Ke­dua, da­lam ta­hap pe­lak­sa­na­an dan per­tang­gung­ja­wab­an, asas trans­pa­ran­si (ke­ter­bu­ka­an) dan akun­ta­bi­li­tas ini mut­lak mes­ti di­ja­lan­kan oleh pa­ra pe­mang­ku ke­bi­jak­an di kam­pus.

Ke­ti­ga, op­ti­ma­li­sa­si ini ju­ga bi­sa di­la­ku­kan da­ri da­lam bi­ro­kra­si kam­pus sen­di­ri, me­la­lui ba­dan pen­ja­min mu­tu atau yang se­je­nis de­ngan itu. De­ngan ke­ti­ga pem­be­nah­an ter­se­but, sa­lah sa­tu­nya ada­lah de­ngan ada­nya trans­pa­ran­si ang­gar­an, di­ha­rap­kan bi­sa mem­ben­tuk se­buah kon­di­si uni­ver­si­tas yang ber­sih dan ba­ik, ser­ta mam­pu me­wu­jud­kan pre­di­kat world class uni­ver­si­ty de­ngan se­be­nar-be­nar­nya.

* Penulis adalah aktivis PMII Solo

(Dimuat di Harian SOLOPOS, 11 Jan 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar