Senin, 12 Juli 2010

Khatmil Bukhari di Masjid Riyadh (Solo)

Dari namanya anda mungkin bisa menebak acaranya, ya sepertri halnya khatmil qur'an (penutupan/pengkhataman membaca al-qur'an), acara majlis khatmi bukhari yang setiap bulan Rajab diadakan di Masjid Riyadh (Ps. Kliwon-Solo) ini merupakan acara penutupan atau puncak dari kajian kitab shahih bukhari yang telah dibaca dan dikaji secara rutin di masjid riyadh setiap tahunnya.

Kitab Shahih Bukhari ini merupakan kitab (buku) koleksi hadits yang disusun oleh Imam Bukhari (nama lengkap: Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Ja'fai) yang hidup antara 194 hingga 256 hijriah.

Kitab Shahih Bukhari

Acara seperti biasa dimulai dengan pembacaan qasidah dan shalawat, dilanjutkan pembacaan beberapa nukilan daripada hadist-hadist yang termaktub dalam kitab Shahih Bukhari. Setelah itu ditutup dengan doa khatmil dan untaian nasihat/ceramah dari para ulama.

Ada makanan yang khas di masjid riyadh-Solo yang disajikan hanya pada saat acara Khatmil Bukhari,... (Bersambung baca http://www.facebook.com/note.php?created&&suggest&note_id=409539031516)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar