Selasa, 30 Maret 2010

Diskusi Bersama Cawali Kota Surakarta 2010

Hari ini PMII Solo mendapat undangan diskusi dengan salah satu Cawali Kota Surakarta 2010 yang bertandang ke kantor PATTIRO Solo, yang dalam (hal ini mungkin) dimaksudkan dalam rangka safari politiknya menjelang Pemilukada Kota Surakarta 2010. Turut hadir FKKB (Becak), FKKP (Posyandu) dan Fosminsa yang semuanya merupakan instansi independen, dan tidak menyatakan mendukung satu calon manapun.

Dalam diskusi tersebut, masing-masing dari instansi yang diundang menyampaikan unek-uneknya kepada Cawali, kemudian 'grenengan' tentang kondisi aktual dan ke depan Kota Surakarta.

Dari FKKB, mengeluhkan eksistensi tukang becak yang sring kena gusur tapi tidak mendapatkan solusi yang jelas, yang menurut mereka berbeda dengan PKL yang meskipun tergusur tapi tetap mendapat ganti tempat.

FKKP, menyuarakan keprihatinan mereka terhadap perhatian Pemkot dalam menangani kasus-kasus Kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan kelahiran dan kesehatan ibu-anak.

Fosminsa (Forum Studi Warga NU Surakarta), mengetengahkan perlunya optimalisasi keberadaan Pesantren di Kota Surakarta, untuk mendinamiskan Kota Solo yang berbudaya sekaligus religius, serta penyikapan pesantren di Solo yang dicitrakan sebagai sarang teroris. usul lain yakni perlu adanya sinergitas pihak keraton dengan acara-acara islami (Jamuro, Sema'an Qur'an dsb)

Dalam bidang Ekonomi, Fosminsa juga mempertanyakan Perwali dari Perda terbaru penataan PKL, Perda No. 3 Tahun 2008, yang belum juga disahkan perwalinya. padahal itu penting, guna kejelasan payung hukum PKL dan jaminan pekerjaan mereka

PMII, dalam konteksnya sebagai OKP, mengingatkan kembali urgensi pengenbangan generasi muda serta perhatian dari Pemkot untuk itu, semisal diwujudkan melalui anggaran untuk pengembangan generasi muda/ormas kepemudaan.

Pattiro Solo, tetap mengedapnkan pada masalah pendidikan anggaran untuk masyarakat serta transparansi anggaran Kota Surakarta.

Acara berakhir pada pukul 13.30.... Semoga bermanfaat dan membawa perubahan yang lebih baik. nama Cawali sengaja saya rahasiakan, biar tidak kelihatan dukung mendukung hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar