Sabtu, 27 Maret 2010

16 Juta... 200 Juta!!!

hari ini (27/3) merupakan puncak dari forum Musrenbangkot (Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kota) Kota Surakarta 2009-2011, yang sebelumnya melalui proses dari bawah yakni Musrenbangkel (Kelurahan), Musrenbangcamt (Kecamatan), dan terakhir di tingkatan Kota.

Tahun ini, untuk pertama kalinya PMII Kota Surakarta bisa ikut andil di dalamnya tanpa melalui proses sejak awal di tingkat kelurahan, beberapa bulan yang lalu saya, yang kebetulan mewakiliki dari PMII, langsung mengikuti dari proses pertemuan dengan SKPD (satuan kerja perangkat daerah), guna memberikan usulan untuk kegiatan yang bisa diikutsertakan dengan beberapa SKPD.

Pada waktu itu, dengan ilmu yang masih dangkal mengenai proses pembuatan usulan dsb, dari PMII hanya mengusulkan konsep rumah pintar (terinspirasi rumah pintar di Malang) yang anggarannya tidak jelas karena saya kesulitan untuk mengestimasi biayanya, dan pemberdayaan ketrampilan masyarakat lewat pelatihan kesenian rebana, yang saya anggarkan Rp. 8 juta untuk paket programnya.

alhamdulillah pada proses akhir Musrenbangkot, usulan kami mengenai pelatihan rebana diterima, dan yang lebih menggembirakan, anggaran yang ada justru menjadi bertambah 2x lipat dari 8 juta menjadi 16 juta. sedangkan untuk usulan program pemberdayaan dari Fosminsa (Forum Studi Warga NU Surakarta), konon mendapat anggaran 200 jutaan, wallhu a'lam semua itu nantinya bisa 'cair' semua atau gak. semoga saja bisa keluar, dan dengan uang 'sebanyak' itu mungkin saja malah membuat bingung teman2 untuk merealisasikan program (baca-menghabiskan uang) :-)

yang lebih menggembirakan bagi saya adalah, advokasi dan pendidikan anggaran dari warga NU Solo dan sahabat/i di PMII, sudah menampakkan adanya kemajuan, meskipun untuk pengelolaan dan prosesnya masih banyak mengalami kesulitan. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar