Minggu, 28 Maret 2010

Kalau Bisa Bersama, Kenapa Harus Sendiri


Perlahan rintik hujan mulai berhenti, semakin menambah kesunyian malam. kawan dari GMKI selaku tuan rumah, mulai membuka forum. Dia mencoba memaparkan tujuan dikumpulkannya kami semua pada malam ini. tampak hadir perwakilan dari HMI, PMKRI, KAMMI dan Saya beserta sahabat Dalhar dari PMII. Agenda utama dari pertemuan kali ini, adalah kemungkinan untuk membentuk kembali sebuah gerakan bersama antar-OKP-Mahasiwa di Surakarta yang lebih terstuktur (sebelum ini sering ada forum/aliansi antar-OKP, namun lebih bersifat reaksioner/hanya muncul ketika ada momentum, selanjutnya bubar).

Tercatat dulu pernah ada forum serupa di Kota Solo yakni FKPI Solo yang dideklarasikan oleh PMII, GMNI, GMKI, dan PMKRI pada tanggal 13 Juli 1997. Forum ini sempat berjalan beberapa saat, namun akhirnya dalam perjalanan dan pergerakannya forum ini sedikit mandek. Hal ini mungkin dikarenakan, proses regenerasi di tubuh masing-masing organisasi mengalami kemunduran, yang berdampak pada persoalan internal. dampaknya, lahan eksternal pun menjadi terbengkelai, pun dengan forum ini akhirnya menjadi tidak optimal pergerakannya.

Akhirnya di akhir pertemuan malam ini, disepakati beberapa poin penting, yakni, pertama, perlu adanya pembentukan kembali forum bersama antar OKP-Mahasiswa Solo guna mensinergiskan gerakan mahasiswa. Hal ini bukan berarti pola gerakan harus sama, tetapi minimal ada fokus isu tertentu yang bisa digarap bersama. Kedua, mencoba menggagas format gerakan bersama yang lebih terstruktur dan jangka panjang, tidak hanya reaksioner. (terinspirasi Kelompok Cipayung dan FKPI Solo).

Dalam forum ini Kami juga berusaha untuk mengajak segala elemen mahasiswa untuk bisa ikut bergabung di dalamya. GMNI, IMM, GP (dan yang belum saya sebutkan) ayo gabung hehe yg laen juga kalo minat ayo podo gabung... makin banyak, semoga makin kuat (dengan catatan mesti solid, yah meskipun susah, pasti) :-) Kalau Bisa Bersama, Kenapa Harus Sendiri!!!

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar